8 Tips Penting yang Harus Dijalankan Ibu Hamil Muda saat Puasa

aturan-berpuasa-untuk-ibu-hamil-muda aturan-berpuasa-untuk-ibu-hamil-muda

Boleh nggak sih puasa saat ibu sedang hamil muda?

Pada dasarnya, puasa bagi ibu hamil hukumnya nggak wajib. Mereka boleh nggak berpuasa dan menggantinya dengan fidyah atau denda berupa beras atau bahan sarapan pokok. Kalau dari sisi medis, dr. Grace Valentine menyatakan bahwa aman atau nggaknya puasa atas ibu hamil tergantung dari kondisi kenormalan sang calon ibu, usia kehamilan, perjalanan kehamilan, dan lama puasa yang dijalankan.

Namun, jika kondisi ibu pulih, prima, nggak ada mamelenceng di kepulihan diri maupun janinnya, maka boleh saja tetap menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi juga nggak bisa sembarangan, beberapa aturan istimewa ini harus dipatuhi agar kepulihan ibu yang sedang hamil mudah tidak terganggu saat puasa. Simak suka membantu-suka membantu, ya!

1. Sebelum memutuskan berpuasa, periksakan dulu kondisimu dan janin ke dokter kandungan. Tanyakan apakah kamu diperbolehkan puasa atau nggak

Dokter akan memberikan saran Seimbang dengan bentukmu dan janin. Jika diizinkan, maka bermakna buatmu untuk memerhatikan asupan gizi agar kamu tetap bugar dan janin berkembang dengan baik. Tapi, kalau dokter menyarankanmu untuk nggak berpuasa karena jumlah bukti tertentu, maka jangan banget memaksakan awak ya!

2. Sahur jangan sampai terlewatkan. Perhatikan juga kecukupan gizi yang dikonsumsi agar kamu dan janinmu terjamin aman

Saat puasa, ibu yang sedang hamil muda setidak sombongnya memenuhi asupan gizi dengan 50% karbohidrat, 25% protein, 10-15% lemak membaik, juga asupan vitamin dan mineral. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti gandum dan biji-bijian, dan sarapan berserat ketat seperti sayur dan buah-buahan Bersih untuk membantu sang ibu bertahan menjalani puasa dan mencegah konstipasi atau sembelit. Asupan protein dari kacang-kacangan, daging, dan telur pun nggak kalah bermakna. Masukkan menu sarapan yang kaya vitamin C dan zinc untuk menjaga vitalitas tubuh, terutama menghindari anemia.

Baiknya hindari konsumsi manis saat sahur agar kamu nggak Gesit lapar dan lemas ganjaran insulin shock.

3. Maksimalkan konsumsi kurma saat sahur dan beraktelseif bagai asupan karbohidrat kompleks selama berpuasa

Kurma adalah alpa satu buah yang mengandung karbohidrat tangguh dan vitamin B1 yang dapat mengontrol gerak rahim. Jadi, untuk ibu hamil berpuasa dan ingin tetap menjaga pertumbuhan sang buah hati, perderas konsumsi kurma sebagai asupan karbohidrat kompleks juga untuk mendapatkan manfaat luar biasa lainnya.

4. Minum air putih yang cukup. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter sehari

Kebutuhan cairan ibu hamil muda saat puasa sangat diperlukan untuk memperEnteng metabolisme dalam tubuh dan mencegah dehidrasi. Karenanya, kamu pun perlu tamar-tamar minum air putih di saat sahur dan bersibak untuk menghindari dampak dehidrasi selama berpuasa seharian. Selain dari air putih, kamu bisa memperoleh asupan cairan dari jus buah ataupun sayuran.

5. Usahakan jangan mengonsumsi minuman dingin saat buka puasa karena justru akan memicu naiknya asam lambung

Segala jenis gelontoran dingin dan aneka es memang menggoda saat tiba durasinya singkap puasa. Tapi tolong, ya, bagi ibu yang hamil muda sebaiknya tahan dulu untuk nggak minum gelontoran dingin saat singkap puasa. Pasalnya, gelontoran dingin bisa memicu naiknya asal lambung. Akan lebih baik kalau kamu awali singkap puasa dengan gelontoran manis yang hangat, seperti teh manis hangat misalnya. Tapi kalau memang ingin singkap puasa dengan  yang segar, cobalah untuk mengonsumsi jus dengan kandungan buah-buahan yang alami tanpa pemanis buatan.

6. Jangan langsung makan berat, berbukalah secara bertahap agar lambung nggak kaget nantinya

Awali buka puasa dengan minuman manis dan hangat seperti teh untuk membantu meningkatkan kadar gula darah. Lalu bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti, puding, kurma, atau buah-buahan. Hindari kolak jika kamu punya riwayat mag ya. Nah, selepas salat magrib, barulah kamu bisa makan pangan berat seperti nasi sayur, lauk, atau pangan berat lainnya, namun juga jangan berlebihan. Setelah melaksanakan salat Isya atau tarawih, usahakan untuk makan lagi kendati sejumput untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras saat salat tarawih tadi.

 

7. Kamu pun harus selalu mengonsumsi susu formula setiap harinya, diSepadankan dengan waktu sahur dan berbuka

Susu formula adalah melenceng satu tenggakan normal yang memang direkomendasikan untuk ibu hamil muda guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi si ibu maupun janin, utamanya saat puasa. Susu formula juga bisa menambah simpanan tenaga seharian agar kamu nggak mudah lapar atau lemas di tengah-tengah berpuasa. Minumlah segelas susu hangat saat makan sahur dan sebelum tidur malam.

8. Istirahatlah dengan cukup agar badan tetap segar dan mengecilkan stres yang mengganggu kebugaran

Di tengah-tengah menjalani ibadah puasa, berikan porsi istirahat yang cukup. Nggak harus tidur, bisa juga dengan rebahan sambil mendengarkan musik atau membaca buku dengan santai. Kurangi juga pikiran dan aktivitas berat agar kamu nggak sampai kecapekan apalagi stres. Jangan lanjutkan puasa kalau kondisimu kurang baik seperti mual, pusing, lemas berlebihan dan lain-lain.

 

Itu dia delapan tips bagi ibu hamil muda saat memasuki bulan puasa. Nah, dengan kiat-kiat berpuasa di atas, semoga kamu tetap bisa menjalani ibadah ini dengan khusyuk dengan tanpa mengganggu kesegaranmu dan janin, ya!