Cara Merawat Rem Mobil di Musim Hujan Agar Tetap Aman

gambar tersebut menyebutkan cara merawat rem mobil gambar tersebut menyebutkan cara merawat rem mobil

Cara Merawat Rem Mobil di Musim Hujan Agar Tetap Aman

Rem mobil merupakan komponen terpenting yang menjamin keselamatan sebuah mobil. Rusaknya rem mobil dapat membahayakan jiwa, oleh karena itu merawat rem mobil di musim hujansangatlah penting untuk menjaga keamanan Anda.

Saat musim hujan, kinerja rem mobil berpotensi menurun terlebih jika mobil sering melewati banjir atau air yang mengandung lumpur. Saat kotoran lumpur atau pasir menempel pada kampas rem, maka kampas tersebut tidak bisa bersentuhan dengan cakram atau tromol.

Kondisi tersebut secara otomatis membuat friksi gesek menurun dan rem pun biasanya menimbulkan bunyi dan tidak pakem saat digunakan. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat rem saat musim hujan agar keselamatan Anda tetao terjaga.

Cara Merawat Rem Mobil di Musim Hujan

Keamanan adalah hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik mobil. Adapun salah satu cara yang ampuh dan harus dilakukan demi menjaga keamanan adalah dengan merawat rem mobil. Adapun dalam merawat rem mobil Ada dengan beberapa cara mudah berikut ini agar mobil Anda senantiasa aman dikendarai saat musim hujan.

  1. Hilangkan Bunyi Pada Rem

Ada kalanya rem mobil mengeluarkan bunyi aneh. Adapun jika rem mobil Anda mengeluarkan bunyi, Anda harus segera menghilangkan bunyinya karena itu pertanda terdapat kotoran atau kerikil yang menempel pada kampas rem.

Cara untuk mnegatasinya adalah dengan menyemprotkan air pada rem mobil untuk membersihkan kotoran tersebut. Jika Anda memiliki kompresor, Anda bisa merawat rem mobil di musim hujan dengan memyemprotkan angin kompresor ada bagian rem sampai kotorannya terangkat dan kampas rem tidak mengeluarkan bunyi lagi.

  1. Cek Ketinggian Minyak Rem

Dalam merawat mobil Anda juga harus mengecek ketinggian minyak rem secara berkala. Ketinggian minyak rem dapat dicek pada reservoir. Jika minyak rem berada pada garis batas normal, selanjutnya cek kondisi kampas rem. Minyak rem yang berkurang bisa disebabkan oleh kampas rem yang menipis.

Minyak rem harus dicek secara berkala meskipun tidak hujan. Pergantian minyak rem juga penting dilakukan setiap mencapai 40.000 km untuk memastikan bahwa rem mobil Anda tetap bekerja secara efisien. Adapun jika Anda merasa ada yang salah segera saja dibawa kebengkel agar tidak semakin parah.

  1. Cek Kotoran Bekas Banjir

Biasanya setelah melewati jalan banjir, Anda hanya akan mengecek bagian eksterior dan interior mobil saja. Padahal bagian rem mobil juga sangat penting untuk dicek karena kotoran dan lumpur pun bisa masuk kesana dimana efeknya bisa membahayakan.

Adapun jika Anda hanya membiarkannya maka akan ada kotoran yang mengering pada cakram. Akibatnya rem menjadi kurang pakem. Untuk mengatasi hal ini Anda tidak perlu pergi ke bengkel dan bisa merawat rem mobil di musim hujan dengan menyemprotkan air bertekanan sedang pada tromol dan piston.

Pastikan semuanya bersih dan ingatlah apabila ada yang kotor jangan sampai kotoran dibiarkan mengering pada bagian piston karena bisa menyebabkan macet dan berkurangnya kinerja rem yang tentu akan membahayakan Anda saat berkendara.

  1. Coba Injak Pedal Rem

Untuk mengecek apakah kondisi kampas rem sudah tipis atau belum maka Anda bisa coba menginjak pedal rem. Dalam hal ini Anda harus melakukannya dalam kondisi mengendarainya. Jika pijakannya terasa dalam berarti itu pertanda kampas rem mulai menipis. Umumnya pijakan rem yang normal tidaklah dalam.

Kampas rem yang sudah tipis tentu tidak akan cukup hanya dibersihkan saja. Lebih dari itu Anda juga harus segera melakukan pergantian agar rem bisa berfungsi secara maksimal.

Secara umum merawat rem mobil di musim hujan memang tidak mudah dan diperlukan kesabaran ekstra. Meski begitu Anda tetap harus melakukannya demi keselamatan berkendara. Rem mobil adalah komponen vital yang tidak bisa ditunda perawatannya. Dalam kondisi apapun baik musim hujan atau tidak perawatan rem mobil tetaplah penting.

Adapun dalam merawat rem mobil di musim hujan bisa dilakukan secara mandiri untuk memastikan rem bersih tanpa ada kotoran atau kerikil yang menempel pada kampas. Selanjutnya jika memang diperlukan penanganan seperti kampas rem yang tipis atau minyak rem habis maka Anda bisa membawa mobil ke bengkel agar bisa segera mendapat penaganan yang tepat.