Drama Korea Medis Terbaik

kumpulan drama korea berceritakan tentang dunia medis kumpulan drama korea berceritakan tentang dunia medis

Drama Korea Selatan tidak pernah kehabisan ide untuk membuat alur cerita menarik. Untuk menambah kesan unik, banyak serial yang menyorot profesi tertentu, salah satu contohnya adalah dokter. Meskipun banyak adegan penuh darah di rumah sakit, di satu sisi ada kisah menghibur dan menghangatkan hati. Selain penceritaan emosional, drama medis meninggalkan kesan yang berdampak pada penontonya. Berikut ini drama tentang kehidupan dokter yang alurnya menarik untuk ditonton.

1. Dr. Romantic

Salah satu seri dokter terbaik adalah Dr. Romantic, drama ini mendapatkan skor terbaik dari segi subplot dan alur cerita realistis. Selain itu, aktor Han Suk Kyu sukses memerankan ahli bedah yang mahir di bidangnya.  Karakter Boo Yong Joo dijuluki sebagai "Hand of God". Dia tidak peduli meskipun dikucilkan oleh ahli medis lain, tujuannya hanya berdedikasi pada Rumah Sakit Doldam yang berkomitmen menyelamatkan nyawa pasien. Suatu ketika sekumpulan dokter muda datang ke Doldam. Awalnya, mereka enggan bekerja di rumah sakit kumuh tersebut. Namun, Boo Yong Joo yang angkuh dan sombong lambat laun luluh dan mau membimbing timnya. Boo Yong Joo merupakan mentor yang tidak kenal takut, ia membantu para dokter muda meningkatkan kepercayaan diri. Kabarnya, Ahn Hyo Seop dan Lee Sung Kyu sedang mempersiapkan untuk seri ketiga yang dijadwalkan tayang tahun 2023 mendatang.

2. Good Doctor

Mengisahkan tentang dokter bedah penyandang autis, Park Shi On. Good Doctor tayang pada tahun 2013 dan berhasil mendapat pujian dari penonton maupun pengamat film. Park Shi On memiliki ingatan yang cemerlang, tapi perubahan emosinya seperti anak kecil. Di rumah sakit, ia diejek oleh rekan medis dan para pasien karena tidak bisa diandalkan. Sebagai penyandang disabilitas, Park Shi On lebih sering menggunakan intuisi daripada perasaan. Memang jauh dari kata sempurna, cenderung menghakimi diri sendiri. Namun, ia belajar dari kesalahan hingga menjadi dokter bedah yang handal. Drama ini tidak terlalu berat, tapi memberikan sedikit sentuhan humor dan romansa antara Joo Won dan Moon Chae Won.

3. Hospital Playlist

Para dokter di drama ini tidak hanya piawai memainkan pisau bedah, tapi juga ahli bermain alat musik. Menceritakan tentang lima dokter brilian di Yulje Medical Center. Mereka adalah teman baik yang membentuk grup band selama 20 tahun sejak masa kuliah. Menceritakan kehidupan famous five of Yulje yang cekatan dalam menangani masalah darurat. Hospital Playlist menyuguhkan hubungan persahabatan yang hangat. Drama ini mengajarkan bahwa obat paling ampuh dalam hidup adalah makan, musik, dan tawa.  Drama ini dibintangi aktor dan aktris top, diantaranya Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, dan Jeon Mi Do.

4. Chocolate

Judul drama ini adalah metafora kehidupan dari rasa coklat itu sendiri, manis, asam, menyenangkan, dan pahit. Hal tersebut mengacu pada kisah perjalanan dokter bedah saraf Lee Kang dan seorang koki Moon Cha Young.  Lee Kang bekerja di rumah sakit yang dikelola oleh keluarganya. Di balik kerja kerasnya sebagai seorang dokter, ia menyimpan dendam, kebencian, dan penyesalan di masa lalu. Dimanipulasi oleh keluarga yang disfungsional, Lee Kang terjebak dalam perebutan kekuasaan dengan sepupunya. Namun, keadaan berubah setelah ia bertemu dengan Moon Cha Young, teman masa kecilnya. Yoon Kye Sang dan Ha Ji Won didapuk sebagai pemeran utama Chocolate.

5. Ghost Doctor

Apa yang terjadi ketika seorang dokter bedah berbakat dan sombong Cha Young Min merasuki tubuh dokter magang bernama Go Seung Tak, terlahir dengan sendok perak tapi tidak memiliki keahlian sebagai paramedis? Ghost Doctor merupakan drama fantasi yang dibumbui komedi. Memberikan pelajaran bahwa sifat angkuh tidak menguntungkan siapapun. Cha Young Min dijuluki sebagai Golden Hand cekatan dalam menangani pasien. Ia membantu mengatasi masalah ketakutan dan krisis jati diri yang dialami oleh Go Seung Tak. Drama ini dibintangi Rain, Kim Bum, Uee, Son Na Eun, Kim Jae Young, Hani, dan masih banyak lagi. 

Drama tentang kehidupan dokter yang layak ditonton. Tidak hanya menampilkan keseharian di rumah sakit atau klinik, tentu juga diwarnai dengan konflik pemeran utama terkait profesinya dan bumbu-bumbu percintaan.