breaking news New

6 Makanan Khas Lokal yang Mendunia, Kalian Harus Bangga!

Kumpulan makanan Khas Indonesia dari masing-masing daerah. Kumpulan makanan Khas Indonesia dari masing-masing daerah.

Negara Indonesia memang mempunyai berbagai macam kuliner di masing-masing Daerah. Cita rasa yang khas, rasa yang unik dan pastinya enak membuat para pecinta kuliner ketagihan dengan masakan Negara Indonesia. Bahkan ada beberapa Kuliner Indonesia yang telah diakui kelezatannya di berbagai dunia, mau tau apa saja kuliner Indonesia yang telah mendunia? Berikut daftar makanan khas lokal mendunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Rendang

Siapa yang tidak tahu makanan khas dari Sumatera Barat yang satu ini. Irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah khas padang yang gurih. Ada dua proses pemasakan daging sapi yang kaya akan rempah ini. Untuk memasang rendang, dibutuhkan waktu minimal 4 jam untuk menjadikan daging rendang berwarna hitam pekat dan bumbu mengering seperti dedak. Rendang yang dimasak dalam waktu singkat dengan santan yang masih mengental disebut kalio, tekstur kuah masih kental dan daging tidak begitu kering.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak rendang diantaranya daging sapi, santan, cabai, lada, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya. Karena dimasak dalam waktu yang lama dan menggunakan rempah alami, rendang bisa tahan hingga berhari-hari. Cita rasanya pun akan semakin lebih nikmat, sangat pas untuk disantap dengan nasi hangat. Tak mengherankan jika daging rendang menjadi salah satu makanan yang dinobatkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia.

2.  Nasi Goreng

Nasi Goreng Ada yang belum pernah menyantap nasi goreng? Pastinya hampir seluruh orang tau kuliner yang satu ini. Selain lezat, nasi goreng adalah kuliner yang mudah untuk dimasak. Nasi goreng sendiri banyak versinya, ada nasi goreng kampung, nasi goreng ijo, nasi goreng jawa, nasi goreng teri, nasi goreng seafood, nasi goreng, nasi goreng sunda, nasi goreng mawut, dll.

Biasanya nasi goreng sering dihidangkan untuk sarapan atau kuliner di malam hari. Untuk Grameds yang sering berburu kuliner di malam hari, kalian bisa mendapati nasi goreng gerobak yang harum baunya  tak kuasa untuk ditolak. Tak salah jika nasi goreng menjadi kuliner yang juga dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

3. Sate

Sate juga salah satu makanan yang mudah untuk dijumpai di Indonesia. Sate adalah kuliner khas Indonesia yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci, ataupun kerbau sebagai bahan bakunya. Daging tersebut dipotong, direndam dengan bumbu marinasi lalu dibakar hingga matang. Setelah itu sate disajikan dengan berbagai saus, mulai dari saus kacang ataupun saus kecap.

Uniknya, setiap pulau memiliki sate dengan versi yang berbeda- beda. Mulai dari Sate Padang dari Minangkabau, Sate Madura, Sate Tegal, Sate Klathak, Sate Lilit, Sate Ponorogo, Sate Ambal, dan Sate Buntal. Yang membedakan dari masing-masing sate tersebut adalah cara pemilihan daging dan saus pelengkapnya. Sate sangat cocok disantap dengan nasi putih atau lontong, acar timun serta kerupuk.

4. Rawon

Rawon adalah makan khas dari Kota Surabaya yang mirip dengan sup daging namun memiliki kuah hitam pekat. Meskipun kuahnya tidak seperti sup pada umumnya, rawon memiliki cita rasa yang khas dan selalu dirindukan oleh penikmat masakan Jawa timuran. Warna hitam pada rawon disebabkan oleh pemakaian kluwek pada kuahnya. Buah kluwek adalah buah berwarna hitam yang memberikan warna serta citarasa yang unik pada masakan. Rawon disajikan bersama potongan daging sapi, rebusan kecambah dan telur asin serta kerupuk udang. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan sambal untuk menambah kesegaran saat menyantap hidangan yang satu ini.

5. Gudeg

Pernah mampir ke Kota Yogyakarta? Pastinya Gudeg adalah kuliner yang tak boleh untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota pelajar yang satu ini. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan daun jati selama berjam-jam hingga lembut dan bumbu meresap sempurna dan berwarna kemerahan. Gudeg memiliki cita rasa manis dan sering disantap bersama kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu tempe serta krecek. Meskipun pada dasarnya bukan termasuk makanan yang tahan lama, gudeg dapat kita temukan dalam berbentuk kaleng agar bisa tahan lebih lama untuk dibawa ke luar kota. Meskipun berbentuk kalengan, gudeg ini sama sekali tidak memakai pengawet.

Proses pengawetan dilakukan sesuai prosedur dengan cara disterilisasi untuk mematikan bakteri yang mempercepat pembusukan. Saking terkenalnya, gudeg sudah diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Tentu saja dengan adanya gudeg kalengan ini bisa mengobati rasa rindu orang Indonesia yang tinggal di luar negri, dan memperkenalkan kuliner Indonesia di mancanegara.

6. Soto

Soto, Coto, Sauto, Tauto adalah makanan khas Indonesia sejenis sup dengan kuah rebusan ayam atau sapi. Soto biasanya memakai dua jenis daging, yakni daging ayam dan dan daging sapi. Soto ayam memiliki kuah berwarna kekuningan dengan rasa gurih dan harum. Warna kuning dikarenakan dari kunyit, bawang merah, bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Sedangkan soto daging biasa berwarna bening atau berkuah santan. Soto dapat ditemukan di tiap daerah, khususnya di pulau Jawa. banyak sekali varian soto di Indonesia, salah satunya adalah Soto Lamongan, Soto Kudus, Soto Betawi, Soto Bandung, Soto Padang, Soto Jepara, Soto Banjar, Coto Makassar, dll

Soto disajikan bersama pelengkap yang bervariasi di tiap daerah. Soto Bandung disajikan bersama lobak dan kacang kedelai goreng, Soto Kudus disajikan tauge rebus, Soto Lamongan disajikan bersama irisan kol, tomat dan koya, dll. Soto sangat pas dinikmati hangat-hangat terutama saat hujan atau saat kurang enak badan. Protein dan aneka rempah yang terkandung dalam semangkuk soto dapat memulihkan stamina dan menghangatkan badan.

Itulah daftar makanan lokal yang telah mendunia, sebagai warga Negara Indonesia harusnya kita bangga karena telah diakui di dunia serta juga kita harus tetap menjaga dan melestarikan supaya tidak hilang dimakan zaman.

Bangga Makanan Indonesia !