breaking news New

Ini Dia 3 Makanan Khas Ulu, Yang Bisa Buat Hati Kamu Luluh

Jika kamu sedang berlibur dan bingung mau pergi kemana, disarankan untuk mengunjungi Ulu di Sumatera Selatan. Ulu tidak hanya memiliki beragam wisata yang menarik tapi juga kuliner yang dapat kamu nikmati. Tidak sekedar nikmat, makanan ini dijamin cocok di lidah kamu dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh oleh. Makanan makanan ini bahkan jarang ditemui di kota lain.

Kalau kamu sudah di Ulu, kamu harus mencicipi 3 makanan khas Ulu, yang dijamin bisa bikin hati kamu luluh.

1. Perkedel Bayam Kukus

Ini dia salah satu jajanan yang bisa kamu temukan di Ulu. Perkedel yang terbuat dari kentang, ditambahkan lagi dengan bayam yang sudah dicincang. Dengan adanya bayam di dalam perkedel ini membuat makanan ini menjadi unik, lezat, dan menyehatkan. Untuk kamu yang tidak terlalu suka sayur tetapi diharuskan memakan sayur, sepertinya perkedel bayam kukus bisa menjadi solusi.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan proses pembuatan yang sama dengan perkedel lainnya, hanya saja ditambahkan dengan bayam yang sudah di cincang. Bahan bahan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit sehingga sangat mudah untuk dibuat sendiri. Tapi perlu tahu kalau bahan yang digunakan tidak hanya kentang dan daun bayam ya, tapi juga ada daun seledri, telur, tepung panir, dan daun bawang. Terdapat pula beberapa isian di dalam perkedel seperti daging gilirng, keju, wortel atau isian lainnya.

2. Pepes Tempoyak

Kuliner khas Ulu yang bisa dicicipi lagi adalah Pepes Tempoyak. Tempoyak sendiri dibuat dari bahan utama buah durian yang kemudian difermentasi. Tempoyak bisa diolah menjadi sambal, gulai, pepes, serta masih banyak lagi.

Makanan ini biasa ditambahkan ikan patin untuk menambahkan nutrisi. Pepes tempoyak diolah dengan berbagai bumbu pelengkap diantara bawang merah, bawang putih, garam, gula, daun salam, serai, cabe merah, dan kemangi yang digunakan sebagai penyedap. Pepes Tempoyak ini dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dikukus selama 15 menit, dan setelah itu bisa langsung dinikmati. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsumg, kamu juga bisa menambahkan nasi hangat untuk makan pepes tempoyak ini.

3. Keripik Mumbai Chiko

Keripik Mumbai Chiko adalah salah satu rekomendasi kulines khas Ulu yang dibuat dengan bahan bahan dasar seperti udang rebon, telur, sagu, terigu, daun seledri, bawang putih, dan penyedap rasa.

Camilan ini bertekstur renyah dan dikemas dengan sangat praktis sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh. Makanan ini sebenarnya juga bisa dibuat sendiri di rumah, karena bahan bahan yang dibutuhkan juga murah dan mudah dicari dimana saja.


Itulah 3 kuliner khas Ulu yang bisa kamu nikmati atau kamu coba masak sendiri di rumah. Selamat mencoba!