Oleh-Oleh Khas Mandalika dengan Segudang Manfaatnya

gambar tersebut menyebutkan beberapa oleh-oleh khas mandalika gambar tersebut menyebutkan beberapa oleh-oleh khas mandalika

Oleh-Oleh Khas Mandalika dengan Segudang Manfaatnya

Ajang motoGP 2022 kemarin membawa Mandalika sebagai tempat wisata baru yang menarik minat para wisatawan. Sebagai tuan rumah dari seri kedua MotoGP tahun ini tentunya masyarakat Indonesia bangga kalau Mandalika yang berada di Lombok Nusa tenggara Barat bisa menjadi bagian besar dari ajang balap kelas dunia ini. Sejumlah oleh-oleh khas Mandalika yang unik bisa kamu bawa pulang ketika berkunjung dari Mandalika.

  1. Abon ikan

Kamu ikan termasuk salah satu jajanan yang wajib dicoba oleh para wisatawan. abon ikan ini merupakan makanan khas lombok yang berbahan dasar dari ikan. Ikan yang digunakan untuk membuat abon ikan khas Mandalika biasanya bermacam-macam ada yang menggunakan ikan tongkol, ikan nila, dan ada juga yang menggunakan ikan tuna. Biasanya boneka ini digunakan para wisatawan atau para penduduk di daerah setempat sebagai hidangan pelengkap.

  1. Aksesoris mutiara

Bagi para wisatawan yang suka dengan fashion ada salah satu oleh-oleh khas Mandalika yang harus kamu punya. Berbeda dari mutiara lainnya aksesoris mutiara buatan Lombok khas Mandalika ini mempunyai keunggulan tersendiri. Butiran yang digunakan menggunakan ukuran yang cukup besar daripada mutiara-mutiara yang digunakan pada umumnya karena menurut warga setempat kilauan yang dihasilkan dari mutiara yang lebih besar jauh lebih indah. Kualitas dari mutiara Lombok ini juga sudah tidak diragukan bahkan kualitas dari mutiara ini diakui oleh dunia. Banyak mutiara khas lombok yang telah diekspor ke luar negeri dengan harga jual yang lumayan tinggi dengan produsen yang selalu memesan dari Mandalika, Lombok.

  1. Kain tenun Sasak

Nah bagi kalian yang juga pecinta fashion selain aksesoris mutiara yang bisa kalian bawa pulang salah satu oleh-oleh khas Mandalika yang wajib kalian punya juga adalah kerajinan tekstil dari icon Lombok ini. Salah satu budaya dari suku Sasak yang mendiami pulau Lombok yaitu kain tenun Sasak. Kain tenun Sasak bisa ditemukan di beberapa daerah yang berada di sekitar Mandalika salah satunya di desa adat sade yang terletak di wilayah rembitan. Banyak makna yang terdapat di dalam kain Sasak sesuai dengan motif-motifnya. Pembuatan kerajinan kain Sasak ini juga unik dan biasa dilakukan oleh para wanita yang tinggal di desa sejak kecil.

  1. Kopi

Seperti yang kita tahu Indonesia merupakan negara penghasil kopi beraneka ragam yang sudah dikenal oleh seluruh dunia. Bukan hanya Sumatera, Jawa, Bali, tetapi Lombok juga mampu menghasilkan biji kopi dengan cita rasa yang sangat luar biasa. Bagi kalian pecinta kopi belum afdol jika belum mencoba kopi arabika Sembalun. Kopi yang sempat menghilang ini telah dibangkitkan kembali oleh para pemuda yang tinggal di wilayah setempat. Sekarang kopi arabika sebelum sudah banyak tersedia di cafe-cafe sekitar Lombok dan kalian juga bisa memesannya secara online. Rasakan kenikmatan yang terdapat dalam kopi arabika Sembalun.

  1. Madu hutan

Nah siapa yang nggak suka sama olahan manis yang berasal dari lebah yaitu madu. Di Lombok para wisatawan juga bisa mencoba menikmati madu hutan yang diambil dari pulau Sumbawa di seberang timur pulau Lombok. Rasanya yang nikmat dan juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan wajib kalian bawa pulang. Ada beberapa khasiat yang bisa diobati oleh madu hutan ini diantaranya mampu mengobati batuk dan radang tenggorokan, mengobati diabetes, dan menurunkan berat badan.

  1. Olahan rumput laut

Pesisir di wilayah Lombok sering digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut. Salah satu oleh-oleh khas Mandalika yang terbuat dari rumput laut adalah dodol rumput laut Mandalika. Tekstur yang kenyal membuat oleh-oleh satu ini banyak disukai oleh para wisatawan karena tersedia dalam berbagai macam rasa. Beberapa diantaranya ada yang rasa semangka sirsak nangka tomat dan juga jagung. Dodol rumput laut ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti memperlambat penyebaran kanker payudara, menurunkan kadar kolesterol, dan diabetes.

  1. Olahan susu kuda liar

Susu yang diperah langsung dari kuda liar dikenal sebagai susu kuda Sumbawa yang mempunyai rasa sedikit lebih asam dari susu biasanya. Susu kuda liar ini juga memiliki banyak manfaat seperti melancarkan pencernaan dan sangat cocok untuk diet.

Dari oleh-oleh khas Mandalika di atas mana nih yang mau kamu bawa pulang? Kalau sudah sampai Mandalika jangan lupa ya untuk membelikan oleh-oleh untuk orang-orang tercinta yang ada di rumah.