breaking news New

Lakukan 6 Cara Ini untuk Menemukan Passion Anda

Menemukan Passion Menemukan Passion
Bagaimana cara menemukan passion dalam hidup?

Passion diyakini sebagai suatu dorongan kuat untuk melakukan sesuatu. Melakukan suatu pekerjaan yang sesuai passion tidak akan membuatnya terasa seperti beban. Alih-alih merasa terbebani, kamu akan merasa puas dan bahagia di setiap prosesnya.

Alasan itulah yang membuat orang-orang berusaha menemukan passion mereka. Siapa, sih, yang tak ingin bekerja tanpa merasa terbebani? Buat kamu yang belum menemukan passion, jangan panik! Artikel kali ini akan membahas enam cara menemukan passion yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak bersama-sama!

Cari Tahu Kemampuan yang Ingin Dikuasai

Cara menemukan passion yang pertama adalah mencari tahu kemampuan yang ingin dikuasai. Di dunia ini, ada banyak sekali skill yang bisa kamu pelajari dan kuasai. Coba diam sejenak dan berpikir, pasti ada setidaknya satu kemampuan yang bisa membuatmu ingin mempelajarinya.

Kamu penasaran dengan rasa dessert yang begitu lezat? Mungkin bisa coba belajar memasak. Suka menonton film dengan berbagai bahasa? Tak ada salahnya belajar bahasa baru. Atau mungkin selama ini kamu suka mengutak-atik sendiri komputer di rumah, bisa tuh mengembangkannya jadi kemampuan profesional yang menguntungkan!

Elaborasi Rasa Iri yang Muncul

Ternyata, iri tidak selalu berarti emosi negatif. Justru sebaliknya, rasa iri bisa membantumu menemukan passion yang tersembunyi. Ini karena jika dilihat dari sudut pandang lain, iri merupakan indikator dari sesuatu yang benar-benar kamu inginkan, tapi ada pada orang lain.

Katakanlah kamu merasa iri pada temanmu yang bisa menghasilkan uang sendiri di usia muda. Tanyakan pada diri sendiri, apa sebenarnya yang membuat kamu merasa iri atas pencapaian temanmu? Apakah uang yang dihasilkannya? Kemampuannya menghasilkan uang? Kemandiriannya dalam hal finansial? Bagaimana dengan waktu nongkrongnya yang harus dikorbankan untuk bekerja?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa tahu apa sebenarnya yang membuatmu ingin berada di posisi temanmu. Entah itu karena pekerjaannya atau justru karena sifatnya yang mandiri di usia muda. Langkah ini akan membantumu selangkah lebih dekat dengan passion yang selama ini terkubur.

Ingat Hal-Hal yang Membuat Bahagia

Sering kali orang yang belum menemukan passion merasa bahwa hidup mereka flat dan membosankan. Apakah kamu juga begitu? Jika iya, yuk coba cara menemukan passion yang satu ini!

Coba ingat satu hari yang paling berkesan untukmu. Ingat, hari yang dipilih adalah hari biasa, bukan hari spesial seperti ulang tahun, kelulusan, atau liburan. Ingat baik-baik setiap detail hari tersebut. Luangkan sedikit waktu untuk menuliskan kegiatanmu selama hari tersebut.

Kamu akan menemukan kembali hal-hal yang membuatmu bahagia, tertarik, dan merasa berharga. Bahkan mungkin kamu bisa menemukan cita-cita yang sudah lama terlupakan. Meski sepele, hal-hal tersebut bisa jadi “bahan bakar” yang kuat untuk menemukan passion terpendam dalam dirimu.

Tanyakan pada Orang Terdekat

Sulit menilai keinginan dan pengalaman diri sendiri? Cara menemukan passion yang satu ini mengajakmu untuk bertanya pada orang-orang terdekat, entah itu orang tua, saudara, atau bahkan sahabatmu.

Orang-orang terdekat pasti tahu apa saja yang spesial pada dirimu. Sahabatmu pasti tahu mengapa mereka memilihmu sebagai teman dekat mereka. Mungkin karena kamu bisa diandalkan atau mungkin karena kamu adalah pendengar yang baik.

Penilaian dari orang-orang terdekat tadi bisa dijadikan bahan evaluasi. Kaitkan penilaian tersebut dengan pengalamanmu pada poin sebelumnya. Dari situ, kamu bisa tahu pasti dirimu yang sebenarnya, mulai dari kelebihan hingga kelemahan.

Ingat hal yang Disukai Waktu Kecil

Saat masih kecil, kamu tidak punya beban pikiran. Kamu bebas bermimpi dan menentukan cita-cita. Coba gali kembali memori masa kecil tersebut. Ingat-ingat apa yang kamu sukai saat masih kecil dahulu.

Ada banyak sekali orang yang di masa kecilnya punya cita-cita atau keinginan yang jelas. Namun, seiring berjalannya waktu, keinginan tersebut terkubur. Nah, di masa sekarang, kamu bisa coba melanjutkan keinginan tersebut. Siapa tahu memang itulah passion yang kamu cari selama ini.

Berani Mencoba

Seluruh cara menemukan passion di atas hanya akan menjadi kata-kata kosong kalau kamu tidak berani mencoba. Buktikan bahwa kamu memang mampu. Tidak perlu membuktikan pada orang lain, buktikanlah pada dirimu sendiri dulu.

Tidak harus dengan lompatan besar, kamu bisa mulai dengan langkah-langkah kecil seperti mencari tahu di internet seputar passion tersebut. Bisa juga dengan bertanya pada orang lain yang sudah lebih dulu terjun. Dari situ, kamu bisa mengeksplorasi lebih jauh hingga menjadi passion yang menghasilkan.

Dikutip dari beberapa sumber dan penambahan secukupnya.