Tips Olahraga Rutin Untuk Para Pemula

olahraga rutin untuk pemula olahraga rutin untuk pemula

Pergantian tahun 2023 membuat orang menulis resolusi yang diinginkan agar tercapai di tahun 2023. Banyak orang yang membuat resolusi untuk tampil jauh lebih sehat dan juga lebih seksi yaitu dengan berolahraga dan selalu menjaga berat badan ideal. Resolusi itu mungkin sudah ditulis sejak Tahun 2022 tetapi banyak yang masih meneruskan resolusi itu juga agar tercapai di tahun 2023. Bagi pemula yang memiliki berat badan berlebih mungkin agak kesulitan dan bingung olahraga apa yang harus dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Tak sedikit orang banyak mempelajari ilmu-ilmu sebelum memulai melakukan suatu hal maka dari itu inilah beberapa tips yang aman bagi para pemula yang memiliki berat badan besar dan ingin berolahraga.

  1. Motivasi Diri

Langkah pertama yang harus dilakukan pemula sebelum memulai olahraga adalah memotivasi diri sendiri. Motivasi ini dilakukan untuk membantu diri untuk berolahraga secara rutin dalam jangka waktu yang panjang. Lain halnya jika orang-orang yang ingin berolahraga apalagi pemula yang disarankan oleh dokter untuk berolahraga pasti tidak akan bertahan lama. Apalagi bagi sebagian orang kurus merupakan hal yang wajib maka jika olahraga didasari hal tersebut maka tidak akan bisa rutin. Maka hal yang diharuskan adalah memotivasi diri jika menganggap olahraga adalah hal yang memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan akan berdampak di masa depan.

Jika kamu memotivasi diri untuk terus melakukan olahraga karena olahraga memberikan energi positif dan juga membantu diri merasa lebih bugar serta membuat pekerjaan sehari-hari jauh lebih ringan maka hal itu akan membuat kamu berolahraga secara rutin dan akan menganggap sebagai kebiasaan yang harus dilakukan. Olahraga untuk membantu menurunkan berat badan bukan hanya satu kali atau dua kali tetapi juga harus dilakukan secara rutin dan dalam kondisi tidak terpaksa. Karena mood juga akan berpengaruh dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Maka dari itu jadi kalian yang ingin melakukan olahraga rutin apalagi bagi pemula yang baru mencoba diharuskan untuk memiliki motivasi yang jauh lebih tinggi agar menimbulkan rasa semangat dan kebahagiaan untuk berolahraga.

  1. Mulai Terlebih Dahulu

Langkah kedua yang harus dilakukan sama seperti hal apapun yakni memulai terlebih dahulu. Banyak orang yang ingin melakukan olahraga tetapi bingung harus kapan mulainya. Hal ini akan menjadi penghambat dan kemungkinan tidak akan melakukan olahraga. Lebih baik melakukan olahraga terlebih dahulu dengan mencobanya sekali daripada tidak pernah mencoba. Kamu bisa membuat olahraga dengan hal-hal yang jauh lebih sederhana seperti melakukan olahraga ringan atau hanya sekedar jalan pagi mengelilingi daerah setempat. Olahraga yang bisa kamu nikmati dan akan membuat diri tidak merasa terbebani agar keesokannya masih memiliki minat untuk melakukan olahraga. Ada sebagian orang yang melakukan olahraga dengan mendengarkan musik sederhana atau musik kesukaan untuk menambah sensasi olahraga yang menyenangkan.

  1. Pakai Perlengkapan Olahraga

Langkah selanjutnya yang dilakukan untuk pemula adalah memakai perlengkapan olahraga yang kamu miliki. Hal sederhana yang mungkin kamu miliki adalah baju senam satu buah barbel atau matras. Untuk memiliki dorongan agar melakukan olahraga dan tidak menimbulkan rasa malas adalah dengan memakainya terlebih dahulu. Yati kamu harus memakai pakaian olahraga sebelum memulai aktivitas sehari-hari agar tubuh merasa harus melakukan olahraga terlebih dahulu. Memaksakan memakai baju olahraga adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemula. Setelah memakai perlengkapan olahraga dan menggelar matras di rumah hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memilih video olahraga yang akan kamu lakukan. Hal tersebut akan menjadi motivasi untuk diri sendiri untuk melakukan olahraga pada hari itu.

  1. Hindari Lompatan

Nah bagi pemula yang memang sudah memiliki berat badan berlebih maka lakukanlah olahraga yang tergolong ringan tanpa adanya unsur melompat atau menghentak. Ketika kamu memiliki berat badan yang jauh lebih banyak melakukan hal melompat menimbulkan efek yang tidak baik pada lutut. Mungkin kebanyakan video senam atau olahraga lainnya ya memang sudah dimodifikasi memiliki banyak gerakan yang mengandung unsur lompatan. Pintar memilih adalah solusi yang tepat untuk pemula yang memang memiliki berat badan berlebih dan ingin melakukan olahraga yang ringan dan berkelanjutan.

  1. Jangan Terlalu Berekspetasi Tinggi

Tips bagi pemula yang baru memulai olahraga selanjutnya adalah turunkan ekspektasi goals pada olahraga. Ketika seseorang memiliki target yang terlalu tinggi maka akan merasa kecewa yang sangat mendalam ketika tidak memenuhi target tersebut. Misalnya seorang pemula beranggapan harus turun 4 kg dalam jangka waktu sebulan dan ternyata hal tersebut tidak tercapai maka dampak yang ditimbulkan adalah malas untuk melakukan olahraga lagi. Jika kalian membuat target pencapaian maka hal baik yang harus dilakukan adalah target mingguan dalam jangka waktu paling kecil 3 bulan. Targetkan pencapaian yang kecil setidaknya dalam jangka waktu tersebut ada perubahan di dalam diri sendiri. Buatlah goals yang realistis agar tidak membebani diri saat melakukan olahraga dan tetap rileks. Hal yang diharuskan adalah konsistensi bukan hanya melakukan olahraga dalam jangka waktu.

Itulah 5 kunci utama yang harus dilakukan bagi pemula yang ingin mencoba untuk berolahraga. Jangan lupa melakukan secara konsisten untuk hasil yang positif.